Yovie, Bahasa Indonesia, dan Kiprah Internasional

23 Oct 2013

yovie bahasa indonesia

Jika kita membuka harian Kompas edisi 21 Oktober 2013 halaman 32 di bagian rubrik Nama & Peristiwa, di sisi paling kanan akan terlihat seorang tokoh musisi kenamaan Yovie Widianto dengan tulisan judul “Bahasa Indonesia” di bawah fotonya (lihat gambar), yang merupakan bagian dari artikel tentang dirinya.

Apa hubungannya antara Yovie dan Bahasa Indonesia? Pastinya berhubungan erat, karena Yovie banyak menciptakan lagu dalam bahasa Indonesia. Tapi apa yang istimewa sehingga perlu diangkat dalam artikel tersebut? Mari kita baca paragraf terakhir tulisan tersebut:

Untuk go international, sejak 15 tahun lalu Yovie yakin penyanyi Indonesia tidak perlu memakai bahasa Inggris, bahasa Indonesia pun bisa mendunia. Lihat saja kiprah penyanyi Korea. Lagu-lagu mereka bukan dalam bahasa Inggris tetapi bisa mewabah ke mana-mana. Bahkan orang-orang rela belajar bahasa Korea. Indonesia juga bisa asal semua pihak, terutama pemerintah, mendukung. ujarnya.

Kenyataannya memang kini lagu-lagu pop berbahasa Korea (K-Pop), meski beberapa ada yang sedikit dicampur bahasa Inggris, sedang mewabah di Indonesia bahkan ke seluruh penjuru dunia. Sebelumnya terjadi juga dengan Jepang. Lagu fenomenal “Kokoro No Tomo” yang dipopulerkan oleh Mayumi Itsuwa adalah salah satu dari lagu berbahasa Jepang yang sempat jadi ikon J-Pop ke seluruh dunia.

Selain Korea dan Jepang, lagu-lagu India berbahasa Hindi sudah cukup lama populer di berbagai belahan dunia, begitu pula lagu-lagu berbahasa Jerman dan Perancis di era 80-an. Yovie benar, untuk bisa berkiprah di kancah internasional alias go international, musisi Indonesia tak harus merekam lagu-lagu mereka dalam bahasa Inggris. Terbukti beberapa lagu berbahasa selain Inggris bisa menembus pasar dunia.

Salut untuk Yovie Widianto, dengan alunan nada karyaciptanya yang ciamik, Yovie bertekad untuk membawa Indonesia sekaligus bahasa Indonesia, menjadi bangsa dan bahasa internasional yang diperhitungkan terutama di pentas musik dunia. Semoga. :) [b\w]


TAGS Yovie Widianto lirik lagu kebanggaan berbahasa Indonesia


-

Author

Follow Me