asal-usul

25 Jul 2008

Bahasa, please! adalah sebuah istilah di kalangan teman-teman kantor ketika saya masih bekerja di sebuah biro periklanan. Jika ada seseorang yang mulai ngoceh dalam bahasa English atau berbahasa selain bahasa Indonesia sehingga membuat banyak teman-teman lain jadi bengong, maka salah satu dari kita biasanya akan dengan lantang berkata: Bahasa, please! Maksudnya agar si pengoceh segera kembali memakai bahasa yang bener, yang bisa dimengerti semua orang. Memangnya yang bener tuh bahasa apa? Ya Bahasa Indonesia…

Ketika saya mulai menulis di media, teriakan Bahasa, please! ini juga saya jadikan nama sebuah kolom di majalah AdDiction, yaitu sebuah free magazine yang diterbitkan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) Jakarta dengan target sasaran komunitas periklanan, mulai dari para praktisi, klien, hingga rekanan dan supplier. Kolom Bahasa, please! berisi tulisan tentang bahasa Indonesia, terutama yang berkaitan dengan iklan/periklanan. Itu karena kolom ini ada di sebuah majalah komunitas periklanan. Beberapa tulisan menjadi sangat spesifik dengan bumbu istilah-istilah yang sering dipakai para pekerja iklan.

Blog Bahasa, please! ini juga masih tetap membahas pemakaian Bahasa Indonesia, namun karena blog ini tidak menjadi bagian dari AdDiction, maka yang dibahas bisa lebih luas tak hanya yang berkaitan dengan Bahasa Indonesia dalam iklan saja, tetapi bisa juga dalam bidang lain, bahkan pemakaian Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga blog ini bisa berguna, terutama bagi Anda yang mencintai Bahasa Indonesia.

Salam takzim,

Bene Waluyo

benwal@mail.com

http://benwal.multiply.com

http://benewaluyo.wordpress.com


TAGS


-

Author

Follow Me